Selasa, 08 Oktober 2013

tugas psikologi manajemen

 
TUGAS PSIKOLOGI MANAJEMEN
I
1.       Apa itu manajement?
Dalam setiap jabatan manajer selalu melekat satu tanggung jawab utama: membantu organisasi untuk mencapai kinerja yang tinggi melalui memanfaatan semua sumber daya yang dimiliki, baik manusia dan material. Ini semua akan tercapai melalui proses manajemen, yang secara formal diartikan sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian terhadap penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan.

2.       Sebutkan jenis manajemen?
a.       Manajemen Sumber Daya Manusia adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah.
b.      Manajemen Pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada    intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
c.       Manajemen Produksi adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.
d.      Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit.
e.      Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang.
f.        Manajemen Strategi, Secara sederhana manajemen dapat di artikan sebagai Perencanaan, Pengorganisasian, Pergerakan, Pengawasan dalam rangka pengambilan keputusan.
g.       Manajemen operasi adalah area bisnis yang berfokus pada proses produksi barang dan jasa, serta memastikan operasi bisnis berlangsung secara efektif dan efesien.


3.       Apa itu kepemimpinan?
Kepemimpinan adalah sebagian dari manajemen, tetapi tidak seluruhnya. Kepemimpinan adalah kemampuan mempengaruhi orang lain, sehingga orang tersebut dengan penuh semangat berusaha mencapai tujuan. Faktor manusianyalah yang menggabungkan kelompok menjadi satu dan memberi motivasi kelompok itu menuju sasaran.



II
1.       Apa itu perencanaan?
Perencanaan adalah penentuan sasaran yang ingin dicapai, tindakan yang seharusnya dilaksanakan, bentuk organisasi yang tepat untuk mencapainya dan orang-orang yang bertanggung jawab terhadap kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan. Jadi perencanaan menyangkut pembuatan keputusan tentang apa yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya, kapan melakukannya, dan siapa yang akan melakukan.

2.       Manfaat perencanaan?
Manfaat perencanaan :
a.       Mendorong pimpinan mulai dari eselon atas seperti top manajemen sampai pada eselon bawah untuk berfikir secara sistematis
b.      Membantu pemimpin dalam melaksanakan koordinasi
c.       Mendorong pemimpin eselon atas untuk menampilkan garis-garis besar haluan organisasi demi tercapainya tujuan
d.      Membantu pelaksanaan pengawasan terhadap perkembangan dari apa yang direncanakan
e.      Membantu pemimpin dalam menghadapi perkembangan di masa yang akan datang
f.        Membantu terciptanya gambaran dan hubungan pertanggungjawaban dari masing-masing bagian organisasi

3.       Jenis perencanaan dalam organisasi
a.       Misi atau Maksud (Mission atau Purpose)
            menggambarkan peranan atau maksud keberadaan suatu organisasi
       pada masyarakat tertentu.
b.      Tujuan
            merupakan titik akhir dimana aktivitas organisasi diarahkan. Strategi 
            merupakan rencana umum/pokok untuk mencapai tujuan organisasi.
c.       Kebijakan
            merupakan pernyataan atau pemahaman umum yang membantu
            mengarahkan pengambilan keputusan (khususnya cara berpikirnya).
d.      Prosedur
merupakan serangkaian aktivitas atau tindakan, yang lebih mengarahkan tindakan (bukan cara berpikir).
e.      Aturan
  merupakan rencana yang dipilih dari beberapa alternatif, untuk
       dilakukan atau tidak dilakukan.
f.     Program
merupakan jaringan kompleks yang terdiri dari tujuan, kebijakan, prosedur, aturan, penugasan, langkah yang harus dilakukan, alokasi sumber daya, dan elemen lainnya, berdasarkan alternatif tindakan yang dipilih.
g.    Anggaran
merupakan rencana yang dinyatakan dalam angka.


Sumber :
1.       Pengantar Ilmu Manajemen
Prof. Dr. A.M. Kadarman. SJ
Drs. Yusuf Udaya





Tidak ada komentar:

Posting Komentar