TUGAS PSIKOLOGI MANAJEMEN
I
1.
Apa itu manajement?
Dalam setiap jabatan manajer selalu melekat
satu tanggung jawab utama: membantu organisasi untuk mencapai kinerja yang
tinggi melalui memanfaatan semua sumber daya yang dimiliki, baik manusia dan
material. Ini semua akan tercapai melalui proses manajemen, yang secara formal diartikan sebagai perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian terhadap penggunaan sumber daya
untuk mencapai tujuan.
2.
Sebutkan jenis manajemen?
a.
Manajemen
Sumber Daya Manusia adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk
memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana
sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja
bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun
bertambah.
b.
Manajemen
Pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa
sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya
dapat diwujudkan.
c.
Manajemen
Produksi adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan
produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan
konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan
lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.
d.
Manajemen
Keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya
berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai
tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit.
e.
Manajemen
Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya
berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus
bertahan dalam jangka panjang.
f.
Manajemen Strategi, Secara sederhana manajemen dapat di artikan sebagai Perencanaan, Pengorganisasian, Pergerakan,
Pengawasan dalam rangka pengambilan keputusan.
g.
Manajemen
operasi adalah area bisnis yang berfokus pada proses produksi barang dan jasa, serta memastikan
operasi bisnis berlangsung secara efektif dan efesien.
3.
Apa itu kepemimpinan?
Kepemimpinan adalah sebagian dari manajemen,
tetapi tidak seluruhnya. Kepemimpinan adalah kemampuan mempengaruhi orang lain,
sehingga orang tersebut dengan penuh semangat berusaha mencapai tujuan. Faktor manusianyalah
yang menggabungkan kelompok menjadi satu dan memberi motivasi kelompok itu
menuju sasaran.
II
1.
Apa itu perencanaan?
Perencanaan adalah penentuan sasaran yang ingin dicapai, tindakan yang
seharusnya dilaksanakan, bentuk organisasi yang tepat untuk mencapainya dan
orang-orang yang bertanggung jawab terhadap kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan.
Jadi perencanaan menyangkut pembuatan keputusan tentang apa yang akan
dilakukan, bagaimana melakukannya, kapan melakukannya, dan siapa yang akan
melakukan.
2.
Manfaat perencanaan?
Manfaat perencanaan :
a.
Mendorong pimpinan mulai dari eselon atas
seperti top manajemen sampai pada eselon bawah untuk berfikir secara sistematis
b.
Membantu pemimpin dalam melaksanakan koordinasi
c.
Mendorong pemimpin eselon atas untuk menampilkan
garis-garis besar haluan organisasi demi tercapainya tujuan
d.
Membantu pelaksanaan pengawasan terhadap
perkembangan dari apa yang direncanakan
e.
Membantu pemimpin dalam menghadapi perkembangan
di masa yang akan datang
f.
Membantu terciptanya gambaran dan hubungan
pertanggungjawaban dari masing-masing bagian organisasi
3.
Jenis perencanaan dalam organisasi
a.
Misi atau Maksud (Mission atau Purpose)
menggambarkan peranan atau maksud keberadaan suatu organisasi
pada masyarakat tertentu.
b.
Tujuan
merupakan titik akhir dimana aktivitas organisasi diarahkan. Strategi
merupakan rencana umum/pokok untuk mencapai tujuan
organisasi.
c.
Kebijakan
merupakan pernyataan atau pemahaman umum yang membantu
mengarahkan pengambilan keputusan (khususnya cara
berpikirnya).
d.
Prosedur
merupakan serangkaian
aktivitas atau tindakan, yang lebih mengarahkan tindakan (bukan cara
berpikir).
e.
Aturan
merupakan rencana yang dipilih dari beberapa alternatif, untuk
merupakan rencana yang dipilih dari beberapa alternatif, untuk
dilakukan atau tidak dilakukan.
f. Program
merupakan jaringan
kompleks yang terdiri dari tujuan, kebijakan, prosedur, aturan, penugasan,
langkah yang harus dilakukan, alokasi sumber daya, dan elemen lainnya,
berdasarkan alternatif tindakan yang dipilih.
g.
Anggaran
merupakan rencana yang
dinyatakan dalam angka.
Sumber :
1.
Pengantar Ilmu Manajemen
Prof. Dr. A.M. Kadarman. SJ
Drs. Yusuf Udaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar